Kualitas
layanan akan didapatkan dari sebuah layanan yang positif terhadap pelanggan dan
loyalitas pelanggan. Kualitas layanan akan memberikan nilai plus berupa
motivasi khusus yang tefokus pada pelanggan untuk menjalin ikatan relasi yang
saling menguntungkan dalam jangka panjang terutama untuk perusahaan. Bila
berbicara mengenai Kulitas layanan tentu saja sangat berhubungan dengan
kepuasan pelanggan. Jika dibaratkan sekuntum bunga layanan biasa saja
dianalogikan sebagai delapan daun bunga dan saling melekat yang artinya sangat
erat hubungannya jika dikaitkan dengan penawaran produk (lovelock, 1994) jika
semakin lengkap dan indah daun bunganya maka akan semakin cantik bunga itu,
yang artinya bahwa semakin tinggi kualitas suatu layanan maka semakin tinggi juga
kepuasan pelanggan.
Ø Persepsi Terhadap Layanan
Kualitas layanan mungkin saja akan
bebeda-beda namun harus dimulai dari sebarapa besar kebutuhan pelanggan dan
berakhir dengan kepuasan pelanggan serta bagaimna persepsi positif pelanggan
terhadap sebuah kualitas layanan.
Ø Harapan/Ekspektasi Pelanggan
Jika dinilai dari konteks kualitas
produk (barang dan jasa) dan kepuasan pelanggan, ada semacam konsensus bahwa
ekpektasi pelanggan juga memainkan peran yang sangat penting sebagai standar
pembanding kualitas maupun kepuasan. Ekspektasi pelanggan bisa saja bersifat
dinamis dan berubah dari waktu ke waktu, seiring dengan berbagai macam hal dan
informasi yang diterima oleh seorang pelanggan dan akan bertambah juga
pengalamannya.
Resume by: Dwinan Manurun Palebangan
Sumber: Buku Service Management "Fandy Tjiptono, Ph.D" Edisi 2
Resume by: Dwinan Manurun Palebangan
Sumber: Buku Service Management "Fandy Tjiptono, Ph.D" Edisi 2
No comments:
Post a Comment